BERGABUNGLAH BERSAMA ORANG-ORANG YANG BERWAWASAN DI BIDANG ANDA

2.24.2009

Memilih Buah Segar

Jeruk

a. Jeruk Keprok

Jenis jeruk keprok lokal antara lain keprok garut, punten, tejakula, selayar, dan tawangmangu. Buah yang layak pilih adalah buah yang cukup tua, utuh, segar dan bersih dengan bentuk agak gepeng. Kulit buah mudah dikupas berwarna kuning, bagian ujung buah empuk, cekung ke dalam bila dijentik bunyinya tidak nyaring serta terdapat ronggga antara daging buah dan kulit buah. Rasa buah sedang kemanisannya dan banyak mengandung air. Ukuran buah :
Kelas A : diameter (D) > 7.1 cm atau berat (B) > 150 g
Kelas B : D= 6.1-7 cm atau B = 101-150 g
Kelas C : D = 5.1-6 cm atau B = 51-100 g
Kelas D : D = 4 - 5 cm atau B < 51 g

b. Jeruk Siam

Jenis jeruk siam antara lain jeruk siam pontianak dan jember. Buah cukup tua, utuh, segar, dan bersih. Diameter buah 4-7 cm atau berat 50-125 g. Kulit buah agak tipis, melekat pada daging buah. Warna kulit buah matang hijau muda.

c. Jeruk Manis

Jenis manis antara lain jeruk manis punten dan brastagi. Berat buah 200-350 g. Kulit buah berwarna kuning oranye atau hijau kuning, agak tebal dan sukar dikupas. Daging buah sulit dipisahkan, bila ingin memakannya buah dibelah dengan pisau. Tekstur buah lunak dan banyak mengandung air. Rasa buah manis segar dan harum.

d. Jeruk Besar

Jenis jeruk besar antara lain jeruk nambangan, cikoneng, dan bali. Buah besar berdiameter 15-20 cm. Kulit buah tebal (1.5 - 2 cm), berwarna hiaju muda atau kuning keuptih-putihan, dan agak mengkilat karena mengandung minyak. Daging buah merah atau merah muda atau kuning. Rasa buah manis asam dan banyak mengandung air.


Melon

a. Melon Sky Rocket (Cantaloupe)

Buah bulat berdiameter kurang lebih 30 cm. Kulit buah matang bergurat membentuk jaring halus dan cerah. Terdapat garis bulat (seperti cincin) antara tangkai buah dan buah. Terkadang terdapat garis halus tanpa guratan membujur dari pangkal ke ujung dengan warna coklat muda kehijauan. Daging buah berwarna kehijauan hingga kekuningan, beraroma harum dan rasanya manis segar.

b. Melon Honey Dew

Buah bulat besar dengan berat 2-2.5 kg. Kulit buah matang halus berwarna kuning. Daging buah berwarna putih atau hijau, aroma kurang harum namun rasanya manis sekali.


Nanas

a. Nanas Bogor

Buah kecil, berat 0.5-1 kg. Kulit buah masak kuning dengan mata berlekuk dalam. Daging buah kekuningan dan berserat halus. Rasanya enak dan manis.

b. Nanas Subang

Buah besar dengan berat sekitar 2 kg. Kulit buah masak oranye dengan bagina pangkal agak kekuningan. Daging buah berwarna putih sampai kuning pucat berserat kasar dan banyak mengandung air. Rasa manis agak asam.

c. Nanas Blitar

Buah kecil dengan berat sekitar 1 kg. kulit buah masak kuning tua dengan mata cekung ke dalam. Daging buah kuning dan berserat halus. Rasa sangat enah dan beraroma harum.

d. Nanas Palembang

Buah kecil dengan berat sekitar 1 kg per buah. Kulit buah masak kuning, mata kecil dan berlekuk dalam. Daging buah halus hampir tidak berserat, sedikit mengandung air. Ras enak dan manis sekali.

e. Nanas Smooth Cayenne

Buah besar dengan berat sekitar 2.5 kg, berbentuk silinder dengan ujung lebih kecil dari bagian dasar. Kulit buah masak kuning oranye berbelang hijau, bermata datar atau rata. Rasa manis agak asam.


Semangka

a. Semangka Golden Crown

Buah bulat dengan berat kurang lebih 2.5 kg. Warna kulit buah kuning emas mulus dan licin, ujung buah coklat kekuningan, bila diketuk jari tidak terlalu nyaring. Daging buah berwarna merah berair banyak dengan rasa manis sekali.

b. Semangka New Dragon

Buah lonjong dengan berat kurang lebih 9 kg. kulit buah hijau muda bergaris hijau tua, ujung buah coklat kekuningan, bila diketuk tidak terlalu nyaring. Daging buah berwarna merah merata dengan tekstur lembut dan rasa yang manis.

c. Semangka Yellow Baby

Buah bulat dengan berat kurang lebih 4 kg. Kulit buah licin berwarna hijau muda dengan garis tua dan jujung coklat kekuningan. Daging buah kuning cerah dengan rasa yang manis.


Mangga

a. Mangga Arummanis

Ukuran buah besar (lebih besar dari 400 g), sedang (350-400 g), kecil (300-349 g) dan sangat kecil (250-299 g). Bentuk buah jorong, pangkal buah bulat, miring, dengan atau tanpa lengkukan dangkal. Kulit buah masak berlilin, warna pangkal hijau kuning kecoklatan sampai merah keunguan, bagian ujung hijau. Daging buah tebal, kuning, berserat halus dan berair banyak. Rasa manis dan beraroma harum.

b. Mangga Golek

Ukuran buah besar (lebih besar dari 500 g), sedang (450-500 g), sedang (400-449 g), dan sangat kecil (350-399 g). Bentuk buah panjang, pangkal agak runcing, ujung runcing, tidak berlekuk, dan tidak berparuh. Kulit buah masak agak tebal dan halus berlilin, warna pangkal kuning, dan ujung hijau muda. Daging buah tebal, lunak, berwrna kuning, serat halus dan kadar air buah sedang. Rasa manis dan beraroma agak harum.

c. Mangga Gedong

Ukuran buah besar (lebih besar dari 250 g), sedang (200-250 g), kecil (150-199 g) dan sangat kecil (100-149 g). Bentuk buah bulat, tangkai di tengah, pangkal buah miring agak berlekuk dan ujung buah membulat tidak berparuh. Kulit buah masak tebal, halus, belilin, warna merah jingga dengan ujung merah kekuningan. Daging buah tebal, kenyal, warna kuning sampai kuning jingga, berserat halus, dan berair bayak. Rasa manis dengan aroma harum agak keras.

d. Mangga Manalagi

Ukuran buah besar (lebih dari 400 g), sedang (350-400 g), kecil (300-349 g), sangat kecil (250-299 g). Bentuk buah jorong, letak tangkai mrirng pangkal runcing sedikit berleher, ujung bulat kadang agak berlekuk dan berparuh jelas. Kulit buah masak tebal, halus, berlilin, berbintik jarang yang berwarna coklat. Warna pangkal hijau kekuningan dan ujung hijau. Daging buah tebal, warna kuning, lunak, berserat halus sekali dengan air buah sedang. Rasa manis segar dengan aroma harum.

e. Mangga Cengkir

Ukuran buah kurang lebih 450 g dengan bentuk buah lonjong. Kulit buah masak tebal, kuning kehijauan agak merata. Daging buah berwarna kuning oranye, dengan tekstur lunak manis dan beraroma sedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide-ide anda