BERGABUNGLAH BERSAMA ORANG-ORANG YANG BERWAWASAN DI BIDANG ANDA

2.24.2009

Memanen Sayuran

Panen sayuran sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari untuk mengurangi susut bobot akibat transpirasi yang diakibatkan panas sinar matahari. Setelah pemanenan dilakukan 'curing', yaitu menyimpan sayuran di tempat teduh untuk beberapa saat agar kalor akibat panas matahari saat di lapang hilang.

Kriteria dan cara panen beberapa jenis sayuran :

Kubis
Head / krop yang terbentuk telah mengeras dan padat. Panen dilakukan dengan cara memotong krop. Disisakan beberapa daun terluar untuk mencegah kerusakan pada bagian dalam daun untuk konsumsi.

Brokoli/Kubis Bunga
Head/bakal bunga yang terbentuk masih padat/rapat. Jika terlambat akan muncul bunga sehingga tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Cara panen sama seperti kubis.

Buncis
Polong masih muda, jika terlalu tua akan berserat. Poolong dapat langsung dipetik denga tangan.

Tomat
Buah merah tua atau buah yang masih kuning muda. Sebaiknya buah dipanen dengan menyertakan tangkainya.

Kangkung darat
Tanaman mencapai tinggi sekitar 25 cm (umur 1.5 bulan) dengan cara dipotong dan disisakan sedikit batangnya agar tumbuh tunas baru. Untuk dijual biasanya dipanen dengan cara mencabut seluruh tanaman (kangkung cabut).

Wortel
Umbi telah menonjol keluar, tampak besar dengan diameter 3-5 cm (umur 3 bulan). Panen dilakukan dengan cara mencabut tanaman.

Kailan
Tanaman telah mencapai tinggi 30-40 cm. Cara panen bisa dilakukan dengan memotong pucuk seperlunya atau dengan cara mencabut tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide-ide anda