BERGABUNGLAH BERSAMA ORANG-ORANG YANG BERWAWASAN DI BIDANG ANDA

2.24.2009

Pengen Punya Pohon Jambu Biji yang Buahnya Besar-besar dan Lezat ?

Saya mempunyai pohon jambu biji bangkok di depan rumah saya. Memang buahnya banyak, tapi kecil-kecil dan banyak yang busuk akibat serangan lalat buah dan pohonnya mulai besar tidak beraturan. Akhirnya saya coba-coba merawat pohon tersebut. Pertama saya pangkas cabang-cabang yang bersilangan, tak beraturan, cabang terlalu panjang dan cabang-cabang kering hingga ukuran tajuk tidak terlalu besar.
Buah-buah yang masih tersisa saya jarangkan dan saya sisakan cukup untuk dikonsumsi orang serumah sekitar 10 buah (pas saya pangkas, tanaman sedang berbuah). Buah yang saya sisakan adalah buah muda yang masih kecil dan kemudian saya bungkus dengan plastik yang cukup besar dan saya beri lubang secukupnya.

Kemudian disekeliling tanaman (bawah tajuk terluar tanaman) saya gali melingkar sambil memangkas akar tanaman. Lalu saya masukkan sekitar satu kaleng besar, sekitar 10 kg, pupuk kandang (kotoran ayam) yang telah matang dan saya tambahkan pupuk NPK (15:15:15) 300 g, kemudian lubang saya tutup dengan tanah dan disiram dengan air.

Sayang waktu perkembangan buahnya saya tidak sempat mengamatinya karena harus berangkat ke Bogor untuk melanjutkan studi. Tapi saya pernah dibawakan buahnya yang cukup besar dengan daging buah yang empuk dan lezat (Padahal saya nggak begitu suka jambu biji tapi kali ini rasanya jambu biji terlezat yang pernah saya makan, lho!). Kakak saya bilang "Wah, itu belum seberapa, masih setengahnya, yang pertama besar-besar sampai plastik pembungkusnya nggak muat dan daging buahnya tebal dan manis".

Pengen punya pohon jambu biji yang buahnya besar-besar dan lezat ? Coba aja sendiri...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide-ide anda