BERGABUNGLAH BERSAMA ORANG-ORANG YANG BERWAWASAN DI BIDANG ANDA

2.24.2009

Kiat Cara Pengepotan dan Pengairan yang Baik untuk Membantu Meningkatkan Keindahan Tanaman Pot Koleksi Anda

Cara Pengepotan yang Baik
Jenis dan ukuran pot harus disesuaikan dengan jenis, bentuk, dan ukuran tanaman. Untuk pengepotan yang baik perlu diperhatikan :

Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan.
Bila pot dan media telah tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Letakkan pecahan genting atau ijuk pada dasar pot agar drainase tetap baik. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman idak mengalami stres saat beradaptasi dengan kondisi dan media yang baru.

Tambahkan lagi media tanam, sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman.

Setelah pengepotan selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Cara Pengairan yang Tepat
Tiga cara sederhana untuk mengairi tanaman pot dalam ruangan yaitu :

Air diberikan melalui alas pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.

Air diberikan langsung pada media tanam. Pada cara ini air dapat disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman secara langsung.

Untuk tanaman pot denga media yang sudah amat kering, pengairan dapat dengan cara merendam pot sampai tenggelam dalam ember yang berisi air dengan catatan tajuk tanaman tidak terendam. pot segera dikeluarkan lagi dari dalam ember jika gelembung-gelembung tidak muncul lagi dari media tanam.

Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman tanaman adalah di pagi hari sehingga dapat digunakan sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide-ide anda